Alasan Anda Wajib Mengunjungi Tempat Wisata Alam

 
 Alasan Anda Wajib Mengunjungi Tempat Wisata Alam
Sapta Pesona Cidandur Forest

 Alasan Anda Wajib Mengunjungi Tempat Wisata Alam.Traveling. Pasti banyak di antara kita yang menyukainya, mengharapkannya, bahkan sudah tak sabar ingin segera mewujudkannya. Bayangkan Rindangnya Pepohonan, Panorama Pemandangan nan Indah  yang berpadu dengan angin sepoi-sepoi, serta Gemericik suara air yang memecah suasana. Ibarat khayalan yang membuat kita ingin segera berlibur dan menghilangkan penat akibat rutinitas sehari-hari.


 Alasan Anda Wajib Mengunjungi Tempat Wisata Alam
Kampung Bambu Cipari
Jika begitu, segera mulai liburan Anda! Sebagai kaum
urban yang memiliki tuntutan pekerjaan berat, keadaan lingkungan dan segudang persoalan sehari-hari seperti polusi dan kemacetan, Anda berhak untuk sejenak menenangkan diri. Mengapa? Sebab liburan bukan merupakan pemborosan, melainkan kebutuhan penting untuk menyegarkan diri Anda sepenuhnya.


Apalagi kalau Anda memilih wisata alam sebagai destinasinya. Alasannya, berlibur ke alam terbuka bukan hanya menyenangkan, tapi juga membawa sederet manfaat lainnya, yang mungkin tidak Anda sadari sebelumnya.


Apa saja manfaat baik wisata alam itu? Yuk kita ikuti ulasan berikut ini.
Pikiran yang tadinya mumet, bisa jadi segar kembali berkat pepohonan hijau yang menyejukkan


Bekerja terus setiap hari selama sepekan, berulang-ulang, tanpa kita sadar bisa membuat kita ibarat sebuah mesin. Pikiran yang sebetulnya dinamis pun teredam rasa bosan, maka itu perlu "dirawat" dan wisata ke alam bisa jadi salah satu cara memulihkannya.

 Alasan Anda Wajib Mengunjungi Tempat Wisata Alam
Jembatan Cinta Bambu Wulung
Kenapa begitu? Karena konon katanya, alam punya kemampuan spesial untuk membuat pikiran kita lebih segar. Hal ini diungkapkan dalam riset yang dilakukan Marc Berman dari University of Michigan, Amerika Serikat pada 2009.


Disebutkan di studi itu kalau orang yang badannya tidak fit atau terserang penyakit relatif lebih cepat pulih setelah melihat rimbunnya pepohonan di alam bebas, dibandingkan mereka yang hanya melihat susunan gedung.


Bahkan dalam penilitian itu juga disebut kalau orang yang tinggal di perumahan yang rimbun pepohonannya atau indah hamparan rumputnya punya kemampuan fokus yang lebih baik dari mereka yang menetap di apartemen di tengah kota.


Jadi kalau Anda ingin menenangkan pikiran yang sedang ruwet, cobalah mengunjungi alam bebas untuk memulihkannya.


Untuk inspirasi, Anda mungkin bisa mencoba mengunjungi Wisata Alam di Desa Cipari, Cilacap Jawa tengah. perbukitan yang tidak terlalu tinggi namun Indah. Di Desa Cipari terdapat Beberapa Destinasi Wisata yang perlu anda Kunjungi. Ada Pemandian Air Panas, Curug Cidandur, Cidandur Forest, Batu Budug 100 dan Jalur Jogging Track/ Pendakian Bukit Igir Beling

Pikiran segar akibat desiran angin bebas polusi pun membuat rasa stres lenyap!

Setelah pikiran kembali rileks, berbagai tekanan akibat rutinitas sehari-hari pun perlahan hilang. Hati jadi kembali senang, dan berbagai beban seperti langsung sirna. Maka itu alam disebut-sebut memiliki kekuatan dahsyat untuk meredam stres.


Untuk menguatkan kesimpulan tersebut, seorang dokter dari Inggris pernah merilis penelitian dari kegiatannya mengumpulkan bukti-bukti bahwa orang cenderung lebih bahagia saat berada di pedesaan, perkebunan, atau sekadar taman.

 Alasan Anda Wajib Mengunjungi Tempat Wisata Alam
Batu Lapis di Igir Beling Cipari
Sebabnya, desiran angin di tengah perpaduan pepohonan, bebatuan, dan sungai mampu menimbulkan efek rileks dan membuat pikiran lebih adem, sehingga rasa mumet atau pusing akibat berbagai urusan atau rutinitas sehari-hari pun teredam, dan kita jadi lebih bisa fokus dan berpikir tenang setelahnya.

Sebaliknya, orang yang jarang bersentuhan dengan alam cenderung mudah merasakan depresi dan kegelisahan. Jadi, kalau kepenatan Anda sudah terasa mengarah ke stres, jangan tunda lagi untuk mengajak teman atau keluarga berlibur ke alam bebas.

Setelah stres hilang, kita jadi bersemangat lagi, dan tubuh pun kembali fit

Berawal dari pikiran yang sehat dan bebas dari stres, kondisi fisik pun akhirnya mengikuti energi positif itu.

Banyak yang bilang, kalau penyakit kebanyakan orang di perkotaan seperti obesitas, tekanan darah tinggi, sampai masalah jantung, tak hanya diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, tapi juga pikiran yang mumet dan stres.
 Alasan Anda Wajib Mengunjungi Tempat Wisata Alam
Hembusan Angin Spoi-Spoi di Ayunan

Ada hasil penelitian menyebutkan kalau tekanan menjalani kegiatan sehari-hari di dalam ruangan yang terlalu kuat adalah sumber masalahnya. Maka itu, sangat dianjurkan untuk mengimbangi aktivitas sehari-hari dengan aktivitas luar ruangan.


Bahkan, untuk berolahraga saja dianjurkan untuk melakoninya di luar ruangan, karena lebih baik dampaknya terhadap tekanan darah dan meredam tingkat stres seseorang, dibandingkan olahraga di dalam ruangan.

 Demikian Sedikit artikel saya buat, semoga Bermanfaat. Apabila dirasa perlu banyak orang yang membaca ,Share/ Bagikan Artikel Ini.

Thank to Cidandur Forest & Desa Wisata Desa Cipari, Cilacap, Jateng( CP. 0821-3374-5588(WA) )



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Wisata Alam Cidandur Forest Baru di Kecamatan Cipari

Jelajah Pelosok Desa Cipari Untuk Pemetaan Destinasi Desa Wisata